Cara Memperbesar Rombel Di Semester 2 Pada Dapodik 2022

sizoole.blogspot.com – Cara memperbesar rombel pada semester 2 di aplikasi dapodik dengan menggunakan suguhan teruskan semester.

Sahabat pendidikan pada potensi kali ini admin akan membagikan gunjingan seputar aplikasi dapodik yang ialah aplikasi pendataan untuk sekolah baik sekolah jenjang PAUD, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK.

 

Seperti kita ketahui bahwa setiap satuan pendidikan di bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan pasti saja sudah menggunakan aplikasi dapodik untuk menjalankan pendataan sekolah. Aplikasi dapodik lazimnya akan di jalankan oleh para operator dapodik sekolah yang sudah di tunjuk oleh masing-masing sekolah.

 

Nah, untuk anda yang di sekarang ini menjadi operator dapodik sekolah maka pasti saja mendengar kata dapodik anda sudah mengetahui bahwa aplikasi tersebut ialah salah satu kiprah anda yang mesti anda kerjakan selama anda berada dan bertugas di sekolah. Sebagai operator dapodik sekolah memang ada terlalu banyak pekerjaan yang mesti di kerjakan.

 

Sebagai salah satu pekerjaan yang mesti di jalankan atau wajib di jalankan adalah di saat memasuki tahun pelajaran yang gres atau memasuki semester yang baru. Ketika sekolah sudah memasuki semester gres maka disitulah kiprah selaku seorang operator dapodik menunggu lantaran mau tak ingin operator dapodik mesti menjalankan penginputan data dapodik mulai dari data rombongan mencar ilmu (ROMBEL), data sekolah, data pembelajaran, data fasilitas dan data-data lainnya.

 

Nah, lewat artikel ini admin kherysuryawan.id akan membahas salah satu kiprah penting seorang operator dapodik sekolah terutama dalam menjalankan penambahan rombongan mencar ilmu di saat sekolah akan memasuki semester genap. Postingan ini kiranya sanggup menolong kiprah seorang operator dapodik sekolah.

 

Bagi anda yang mungkin di sekarang ini ialah seorang OPS yang masih gres dan belum mengenali bagaimana cara untuk menjalankan penambahan rombel pada aplikasi dapodik terutama untuk pembelajaran di semester 2 maka artikel ini diperlukan sanggup menolong para OPS gres dalam menghasilkan rombel di aplikasi dapodik.

 

Perlu di ketahui bahwa apabila sudah memasuki semester 2 maka di aplikasi dapodik terutama pada suguhan rombongan mencar ilmu maka akan menjadi kosong sehingga operator mesti kembali menjalankan penambahan rombel sesuai dengan rombel yang ada di sekolah masing-masing. Namun apabila pada pembelajaran di semester 1 rombel yang hendak digunakan masih sama dengan rombel yang ada pada semester 2 (tidak terjadi perubahan) maka operator dapodik sekolah tidak perlu menjalankan tambah rombel melainkan cukup menjalankan lanjut semester pada suguhan agresi sehingga secara otomatis rombel yang ada pada semester 1 atau semester ganjil akan kembali timbul di semester 2 atau semester genap.

 

Lantas bagaimana cara untuk menjalankan penambahan rombel dengan menggunakan cara lanjut semester pada suguhan agresi di suguhan rombongan mencar ilmu ???

Berikut ini klarifikasi dan tindakan menjalankan penambahan rombel secara otomatis di semester 2 pada aplikasi dapodik.

1.   Silahkan login kedalam aplikasi dapodik

2.   Klik suguhan “Rombongan Belajar” kemudian pilih “Reguler”



3.   Selanjutnya pada bab bawah kik tanda segitiga pada “Menu Aksi”



4.   Kemudian pilih “ Lanjutkan Semester”



5.   Pilih nama rombel yang hendak di masukkan



6.   Jika rombel sudah dipilih, klik “simpan dan tutup”



7.   Selanjutnya akan timbul perayaan yang menyatakan “apakah anda percaya akan melanjutkan semester pada rombel …. “ apabila percaya klik “yes”



8.   Lanjutkan cara diatas sampai semua rombel sudah di masukkan ke semester genap

9.   Selesai.

 

Setelah semua rombel masuk secara otomatis pada pembelajaran di semester genap maka jangan lupa untuk menjalankan penginputan data pembelajaran agar di saat akan menjalankan validasi data maka sudah tidak ada lagi notofikasi invalid sehingga aplikasi dapodik sanggup menjalankan sinkronisasi data lantaran apabila masih ada data yang invalid maka sinkronisasi dapodik belum sanggup dilakukan.

 

Demikianlah gunjingan perihal cara gampang dalam menjalankan penambahan data rombongan mencar ilmu (ROMBEL) pada pembelajaran di semester 2 di aplikasi dapodik model terbaru. Semoga gunjingan ini sanggup menolong para OPS dapodik sehingga sanggup menjalankan acara penginputan data dapodik dengan mudah.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbesar Rombel Di Semester 2 Pada Dapodik 2022"

Posting Komentar