Cara Mengisi Riwayat Pendidikan Formal Di Dapodik 2022

sizoole.blogspot.com – Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal SD, SMP, Sekolah Menengan Atas di Dapodik Versi 2022 Terbaru.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di situs web pendidikan yang senantiasa memamerkan gunjingan terupdate seputar dunia pendidikan. Pada potensi kali ini admin kherysuryawan.id akan memamerkan gunjingan ihwal salah satu hal penting yang mesti di pahami oleh guru dan juga oleh seorang operator dapodik sekolah.

 

Hal penting yang mau di diskusikan pada artikel kali ini yakni perihal bagaimana cara untuk sanggup melaksanakan penginputan data riwayat pendidikan formal kedalam aplikasi dapodik. Seperti kita pahami bahwa aplikasi dapodik merupakan aplikasi yhang di peruntukkan untuk melaksanakan penginputan data mulai dari data sekolah, data guru, data siswa dan data yang lain yang di perlukan bagi setiap satuan pendidikan.

 

Kita pahami bareng bahwa dalam melaksanakan penginputan pada aplikasi dapodik sekolah pasti saja sudah menugaskan salah seoirang yang menjadi operator dapodik sekolah. Nantinya OPS lah yang memiliki peranan yang sungguh penting dalam kesuksesan penginputan dan pengantaran data sekolah ke server pusat.

 

Berbicara perihal dapodik, salah satu santapan yang ada di dalam aplikasi dapodik yang mesti diisi oleh setiap guru dan tenaga kependidikan yakni santapan riwayat pendidikan formal. Berbicara perihal data riwayat pendidikan maka pastinya disini yang mau di rencanakan oleh setiap GTK untuk proses penginputan data riwayat pendidikan yakni ijazah pendidikan/sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK sampai sarjana.

 

Perlu di pahami pula bahwa khusus penginputan data riwayat pendidikan untuk jenjang S1 atau sarjana di sekarang ini sudah tidak sanggup di input datanya lewat aplikasi dapodik melainkan data tersebut cuma sanggup diinput lewat aplikasi pada laman ptk.datadik dan login menggunakan akun masing-masing PTK sehingga hal ini sanggup dengan gampang di saluran dan diinput datanya oleh setiap masing-masing guru dan tenaga kependidikan.

 

Data riwayat pendidikan yang di sekarang ini sanggup diinput kedalam aplikasi dapodik yakni khusus untuk pendidikan jenjang SD, SMP, SMA/SMK saja. Hal ini penting untuk di pahami oleh setiap guru dan tenaga kependidikan biar sanggup melaksanakan pemutakhiran data utamanya pada data riwayat pendidikan formal sesuai dengan data yang dimiliki oleh masing-masing guru.

 

Mengapa data riwayat pendidikan formal wajib dan penting untuk di input lewat aplikasi dapodik ???

Jabawabannya yakni untuk menjadi dasar bagi seorang guru dalam menyaksikan data riwayat pendidikan mulai dari pendidikan permulaan sampai pendidikan selesai yang sanggup diakses secara online. Selain itu data riwayat pendidikan setiap guru tersebut nantinya juga akan menjadi gunjingan yang sungguh penting bagi pihak sentra dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan di saat akan melaksanakan validasi data yang bermitra dengan data riwayat pendidikan guru.

 

Perlu dipahami pula bahwa Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan , Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melaksanakan pemutakhiran data kandidat akseptor PPG Dalam Jabatan  dan salah satu hal penting yang menjadi contoh bagi guru untuk sanggup mengikuti PPG tersebut yakni mesti melaksanakan pemutakhiran data utamanya data Riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan terakhir lewat aplikasi dapodik sekolah.

 

Mungkin sampai di sekarang ini masih banyak guru yang datanya belum lengkap di dalam aplikasi dapodik utamanya data riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang SD,SMP,SMA sampai perguruan tinggi. Nah lewat artikel ini admin kherysuryawan.id akan memamerkan klarifikasi ihwal bagaimana cara untuk melaksanakan penginputan atau penambahan data riwayat pendidikan formal di dalam aplikasi dapodik.

 

Bagi guru yang masih resah ihwal bagaimana cara untuk melaksanakan penginputan data riwayat pendidikan formal kedalam aplikasi dapodik maka sanggup meminta pertolongan atau pinjaman terhadap operator dapodik sekolah masing-masing biar sanggup diinputkan dengan catatan guru mesti mempersiapkan data riwayat pendidikannya secara lengkap sehingga OPS sanggup dengan gampang melaksanakan proses input data kedalam aplikasi dapodik.

 

Berikut ini cara melaksanakan penginputan data riwayat pendidikan SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA/SMK lewat aplikasi dapodik model terbaru.

1.   Silahkan login ke aplikasi dapodik menggunakan akun masing-masing guru

2.   Dapat juga login menggunakan akun OPS dengan tahapan selaku berikut :

a.    Login ke aplikasi dapodik menggunakan akun operator dapodik sekolah (OPS)

b.    Kemudian klik “Pengaturan”

c.    Klik “tukar saluran pengguna”

d.    Masukkan instruksi pendaftaran sekolah dan klik “OK”

e.    Selanjutnya pilih nama guru yang mau diinputkan data riwayat pendidikannya

f.     Selanjutnya klik “Tukar Pengguna”

 

3.   Kemudian klik santapan “GTK” dan pilih “guru:

4.   Selanjutnya klik nama guru tersebut dan pilih santapan “UBAH”



5.   Kemudian klik santapan “Rwy. Pendidikan Formal” dan pilih “TAMBAH”


6.   Selanjutnya silahkan isi data sesuai dengan kolom yang sudah di sediakan ( selaku contoh berikut ini pengisian untuk riwayat pendidikan jenjang SD), adapun data yang mesti diisi diantarnya yakni selaku berikut :

a.    Bidang study : pilih “Lainnya”

b.    Jenjang pendidikan : pilih “ SD/sederajat”

c.    Gelar akademik : ketikkan “Tanda strep (-)”

d.    Satuan pendidikan formal : isikan sesuai nama sekolah SD

e.    Fakultas : ketikkan “Tanda strep (-)”

f.     Kependidikan : pilih “ya”

g.    Tahun masuk: “isikan sesuai tahun masuk SD”

h.   Tahun lulus: “isikan sesuai tahun lulus SD”

i.     NIS/NISN/NIM: “isikan sesuai nomor induk di ijazah”

j.     Masih study/kuliah : “pilih Tidak”

k.    Semester : :pilih 0”

l.     Rata-rata cobaan akhir/IPK/GPA: “isikan sesuai nilai yang ada di ijazah”

m.  Jika semua sudah diisi maka Klik : “SIMPAN”

 


7.   Selesai.

8.   Untuk menyertakan riwayat pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama dan SMA/SMK maka silahkan ulangi tahapan tersebut mulai dari nomor 5 diatas.

9.   Khusus untuk jenjang S1 (Sarjana) maka pengisiannya cuma sanggup dijalankan lewat laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id

 

Yang perlu di ingat pula bahwa biar data riwayat pendidikan formal yang sudah diinput tersebut masuk ke server sentra maka operator dapodik sekolah wajib untuk melalukan synkronisasi data dapopdik biar data yang sudah diisi tersebut sanggup terkirim kepusat.

 

Demikianlah gunjingan perihal cara gampang dalam melaksanakan penginputan data riwayat pendidikan formal lewat aplikasi dapodik, mudah-mudahan gunjingan ini sanggup menolong para guru dan operator dapodik sekolah dalam mengerti pentingnya untuk melaksanakan pemutakhiran data riwayat pendidikan formal kedalam aplikasi dapodik dan yang paling penting pula  ialah sanggup mengenali bagaimana cara untuk melakukannya.

Sekian dan Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengisi Riwayat Pendidikan Formal Di Dapodik 2022"

Posting Komentar