Apa Itu Internet Of Things Dan Komponen Iot

Dalam pembahasan serba definisi kali ini, kita akan membicarakan  segala sesuatu yang berhubungan dengan Internet of Things atau yang disingkat dengan IoT.

Saat ini tren pemanfaatan dari kemajuan teknologi info yang begitu cepat mulai dicicipi oleh nyaris semua orang. Hal ini tidak terlepas dari pertolongan infrastruktur internet yang mulai merata di banyak sekali penggalan dunia, sehingga melahirkan konsep-konsep gres dalam mendukung keperluan user yang beragam.Salah satu yang menjadi obrolan hangat di sekarang ini yakni Internet Of Things (IoT)

Apa itu Internet Of Things (IoT) ?

IOT yakni suatu tata cara yang saling menghubungkan perangkat yang tertanam dengan sensor (embedded sensor), perangkat lunak (software), konektivitas jaringan (internet) dan perangkat elektronik yang lain yang diperlukan untuk menghimpun dan menjalankan pertukaran data  terhadap suatu objek .

Secara sederhananya, IoT sanggup diartikan yakni komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lain dengan pertolongan software lewat jaringan internet.

Pada dasarnya tidak ada definisi patokan dari IoT, tetapi kita tetap sanggup mengambil keypoint dari IoT itu sendiri, yakni :
  • Adanya embedded sensor
  • Adanya software
  • Jaringan Internet
  • Perangkat elektronik lainnya

Siapa yang memperkenalkan perumpamaan IoT ?

Berdasarkan halaman situs iot-analytic, Kevin Ashton  merupakan orang pertama yang sebenarnya memperkenalkan perumpamaan tersebut pada tahun 1999. Walaupun sebenarnya desain yang menyerupai mirip IoT sudah dipahami lama, tetapi perumpamaan pada di saat itu bukanlah IoT, melainkan desain "embedded internet" dan "perpasive computing".

Manfaat Internet Of Things  ?

Pada dasarnya faedah dari IoT itu sendiri berencana untuk untuk menciptakan pekerjaan yang kita laksanakan menjadi cepat, mudah, dan efisien. Kita pun sanggup mengambil keputusan yang terbaik dan tercepat dari info realtime yang disuguhkan oleh penerapan IoT.

Manfaat secara spesifik dari IoT bergantung pada penerapan IoT itu sendiri, misal: kalau dipraktekkan pada Mall maka keuntungannya sanggup memeriksa berapa tingkat kepadatan pengunjung.

Komponen-komponen IoT

Untuk mengetahui pengertian kita wacana IoT yang dikutip dari halaman situs computer.org  wacana implementasi IoT pada suatu kendaraan beroda empat yang dideksripsikan selaku berikut :

Sehingga kita sanggup menyimpulkan intinya IoT dibikin oleh beberapa elemen yang secara garis besarnya diuraikan dalam tabel berikut :
Komponen IoT Deskripsi
Physical Objects Misal : lampu, jendela dsb
Sensor Mendeteksi adanya pergeseran lingkungan fisik
Actuator Komponen yang menggerakkan atau mengontrol suatu prosedur atau sistem, seperti: rem
Virrtual Object Things menyerupai lampu, jendela yang diwakili dengan suatu icon dalam suatu aplikasi
People User yang mengatur lewat Mobile Apps
Service Sistem yang mengolah data menurut data yang diperoleh oleh sensor
Platform Middleware used to connect the various components of the IoT
Network Kombinasi teknologi nirkabel atau kabel dan protokol yang menawarkan konektivitas dan menghubungkan semua elemen IOT


Implementasi Internet of Things

Saat ini Internet of Things sudah  banyak dipraktekkan di beberapa bidang keilmuan dan industri, menyerupai dalam bidang ilmu kesehatan, informatika, geografis dan beberapa bidang ilmu lainnya. Berikut ini beberapa referensi penerapan IoT:

1. Smart Traffic



(Sumber: advantech-bb.com)

IoT dalam bidang administrasi kemudian lintas sanggup mempunyai kegunaan untuk memeriksa kemudian lintas kendaraan bermotor di jalan, mulai dari tingkat kemacetan di jalan, kecepatan rata-rata kendaraan bermotor, jalan alternatif kalau ada kemacetan, dimana semua info tersebut diberikan secara realtime.

2. Smart Farming



(Sumber: onfarm.com)

IoT dalam bidang pertanian sanggup dimanfaatkan utuk memeriksa pertumbuhan tumbuhan sehingga menciptakan hasil panen yang maksimal, menyerupai : mendeteksi jenis hama atau penyakit yang menyerang tanaman, info kelembapan tanah, info cuaca, info sumber daya air yang terbatas yang tersedia untuk menghemat pemborosan air dsb.

3. Home Automation


(Sumber:alliotcloud.com)

IoT  untuk home automation atau lebih dipahami dengan smart home sanggup digunakan untuk memonitor penggunaan segala energi yang ada di dalam rumah kita, memonitor air, mendeteksi keadaan terbuka atau tertutupnya pintu dan jendela, mendeteksi eksistensi manusia/binatang dsb.

Masih banyak contoh-contoh penerapan atau implementasi dari IoT ini, bahkan demam isu ini akan terus berlanjut sehingga akan dihasilkan terapan IoT dalam segala lini kehidupan yang maksudnya memang untuk memudahkan pekerjaan kita.

Video wacana IoT

Agar menjadi lebih besar lengan berkuasa lagi pengertian kita wacana IoT, dibawah ini tersedia video youtube wacana impelementasi IoT :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Internet Of Things Dan Komponen Iot"

Posting Komentar