Pengertian, Manfaat, Jenis-Jenis Dan Tumpuan Cloud Computing

Serba definisi kali ini akan mengdiskusikan Cloud Computing. Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengerti apa itu cloud computing, kemudian kita akan mendapat citra wacana faedah cloud computing, selain itu akan diuraikan jenis-jenis cloud computing. Dan dalam pembahasan terakhir nantinya akan diberikan pola implementasi cloud computing yang mungkin sudah kita ketahui.

Cloud Computing atau yang dalam bahasa indonesia sering disebut selaku "Komputasi Awan" sudah kita gunakan dan rasakan keuntungannya tanpa kita sadari. Google Drive ialah salah satu pola kawasan kita menyimpan file dengan cara mengupload. Dalam hal ini tugas menyerupai flashdisk selaku suatu storage sanggup digantikan oleh google drive. Untuk menggunakan layanan google drive pastinya kita mesti menggunakan koneksi internet. Dengan demikian layanan tersebut bisa disebut serpihan dari cloud computing atau komputasi awan. Untuk lebih memperjelas apa itu cloud computing, silahkan simak pembahasan secara detil yang dimulai dari pemahaman cloud computing.

Apa itu Cloud Computing ?

Cloud computing yakni suatu model untuk berbincang layanan teknologi isu di mana resource diambil dari internet lewat tool dan aplikasi berbasis web dan bukan koneksi eksklusif ke server. Data dan perangkat lunak disimpan di server, Namun, struktur komputasi awan memungkinkan jalan masuk ke isu asalkan perangkat elektronik tersebut memiliki jalan masuk ke web. Jenis metode ini memungkinkan karyawan melakukan pekerjaan dari jarak jauh (secara remote).

Poin paling penting dari definsi diatas adalah, sebenarnya cloud computing :
  • Layanan dihidangkan lewat koneksi internet (over TCP/IP)
  • Resource berada disisi provider yang mengeluarkan jasa layanan cloud computing
Cloud computing memunculkan internet selaku sentra server untuk mengurus data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini membolehkan para pengguna untuk menjalankan kesibukan tanpa instalasi dan membolehkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka. 

Manfaat Cloud Computing

  • Semua data tersimpan di server secara terpusat
    Salah satu keunggulan teknologi cloud yakni memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server menurut layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Dengan demikian, pengguna tidak per perlu lagi menawarkan infrastruktur menyerupai data center, media penyimpanan/storage dll alasannya semua sudah tersedia secara virtual.

  • Keamanan Data
    Keamanan data pengguna sanggup disimpan dengan kondusif lewat server yang ditawarkan oleh penyedia layanan Cloud Computing menyerupai jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

  • Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi
    Teknologi Cloud menampilkan kelonggaran dengan akomodasi data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna sanggup dengan gampang meningkatkan atau meminimalisir kapasitas penyimpanan data tanpa perlu berbelanja perlengkapan komplemen menyerupai hardisk. 

  • Investasi jangka panjang
    Penghematan ongkos akan pembelian inventaris menyerupai infrastruktur, hardisk, dll akan menyusut dikarenakan pengguna akan dikenakan ongkos kompensasi berkala per bulan sesuai dengan paket layanan yang sudah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi alasannya semua sudah ditangani lewat komputasi berbasis Cloud.

Jenis-Jenis Layanan Cloud Computing

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service yakni layanan komputasi awan yang menawarkan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual sanggup diinstal metode operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan.

Manfaat dari IaaS
  • Tidak perlu berinvestasi di hardware anda sendiri.
  • Skala infrastruktur sesuai undangan untuk mendukung beban kerja dinamis.
  • Layanan kreatif dan fleksibel tersedia sesuai permintaan

 Perusahaan yang menawarkan IaaS yakni Amazon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.

2. Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service yakni layanan yang menawarkan computing platform. Biasanya sudah terdapat metode operasi, database, web server dan framework aplikasi agar sanggup menjalankan aplikasi yang sudah dibuat. Perusahaan yang menawarkan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi pengembang yakni mereka bisa konsentrasi pada aplikasi yang mereka buat tanpa menimbang-nimbang wacana pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia layanan PaaS yakni Amazon Web Service dan Windows Azure.

3. Software as a Service (SaaS)

Software as a Service yakni layanan komputasi awan dimana kita bisa eksklusif menggunakan aplikasi yang sudah disediakan. Penyedia layanan mengurus infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut.

Manfaat dari SaaS
  • Anda bisa mendaftar dan dengan segera mulai menggunakan aplikasi bisnis yang inovatif.
  • Aplikasi dan data sanggup diakses dari komputer yang sudah terhubung ke cloud.
  • Tidak ada data yang hilang kalau komputer Anda rusak, alasannya data ada di awan.
  • Layanan ini bisa secara dinamis menyesuaikan keperluan pemakaian
Contoh layanan aplikasi email yakni gmail, yahoo dan outlook sedangkan pola aplikasi media lazim yakni twitter, facebook dan google+. Ada juga aplikasi yang mewajibkan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi yakni Office 365 dan Adobe Creative Cloud.


Contoh Layanan Cloud Computing

1. Google Drive

Google Drive yakni layanan penyimpanan secara online yang dimiliki Google. Google Drive diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Sebenarnya Google Drive ialah pengembangan dari Google Docs. Google Drive berbincang kapasitas penyimpanan sebesar 5GB terhadap setiap penggunanya. Kapasitas tersebut sanggup disertakan dengan melaksanakan pembayaran atau pembelian Storage. Penyimpanan file di Google Drive sanggup mempermudah pemilik file sanggup mengakses file tersebut kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. File tersebut juga sanggup dengan gampang dibagikan dengan orang lain untuk membuatkan pakai ataupun melaksanakan kerja sama dalam pengeditan.

2. Windows Azure

Windows Azure yakni metode operasi yang berbasis komputasi awan, dibentuk oleh Microsoft untuk memajukan dan menertibkan aplikasi serta melayani suatu jaringan global dari Microsoft Data Centers. Windows Azure yang mendukung banyak sekali macam bahasa dan alat pemograman. Sistem operasi ini dirilis pada 1 Februari 2010.

3. Amazon Web Service

Amazon  Web Service (AWS) ialah salah satu layanan Platform as service (PaaS) yang dibentuk oleh perusahaan Amazon. Dengan menggunakan AWS kita sanggup memajukan aplikasi dengan mengaktifkan middleware ataupun aplikasi yang dibutuhkan.

4. Git dan GitHub

Git dan GitHub sudah merubah cara kita melakukan pekerjaan dalam pengembangan web. Mereka menawarkan lokasi berbasis cloud yang terpusat untuk menyimpan, berbagi, menerbitkan, menguji, dan berkolaborasi dalam proyek pengembangan web. Git merevolusi kendali versi-penting ketika Anda memiliki lebih dari satu pengembang yang melakukan proyek. GitHub sudah menyertakan platform pementasan yang memungkinkan pengembang membagikan prototipe, berkolaborasi dalam proyek, mengedit dan membangun instruksi masing-masing, dan memberi potensi terhadap pemangku kepentingan untuk melaksanakan perkembangan dalam proses uji coba.



Referensi

1. https://www.ibm.com/cloud-computing/learn-more/what-is-cloud-computing/
2. http://if.unesa.ac.id/blog/aditya/2017/04/12/mengenal-teknologi-cloud-computing-komputasi-awan/.
3. https://www.upwork.com/hiring/development/what-is-github-and-why-should-your-digital-team-use-it/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Manfaat, Jenis-Jenis Dan Tumpuan Cloud Computing"

Posting Komentar