Memahami Perbedaan Komputer 32 Bit Dan 64 Bit Secara Mendalam

CPU 32 Bit dan 64 Bit - Postingan kita kali ini akan membicarakan tentang perbedaaan arsitektur komputer 32 bit dan 64 bit secara lengkap dan sedetil-detilnya.

Ketika kita menyampaikan komputer 32 bit atau 64 bit, pada bergotong-royong yang dimaksud yakni processor atau biasa disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit). Jika ditilik lebih dalam lagi duduk permasalahan bit pada suatu processor, bergotong-royong kita sedang membicarakan tentang register yang terdapat pada processor.

Makara contoh 32 bit atau 64 bit bukanlah pada Sistem Operasi. Maksudnya adalah, kapan kita mesti menggunakan installer 32 bit atau 64 bit tergolong untuk OS (Operating System) terletak pada arsitektur komputer kita.

Tadi dibilang bergantung pada processor, kini timbul lagi kalimat terletak pada arsitektur komputer.  Bahkan seringkali ada juga yang menyampaikan tergantung platform komputer kita.

Ketiga perumpamaan tersebut lazim kita dengar, dan sering juga perumpamaan tersebut dipertukarkan. Pada bergotong-royong ada perbedaan-perbedaan ketika kita menyebutkan ketiga isitlah tersebut.

Arsitektur komputer lebih mengacu terhadap hardware, sedangkan Processor atau CPU yakni bab dari elemen arsitektur komputer.

Lalu bagaimana dengan perumpamaan platform ?

Platform lebih ditujukan terhadap metode arsitektur komputer beserta metode operasi atau installer metode yang lain yang dipakai oleh suatu komputer.

Terlepas dari istilah-istilah di atas, yang terperinci ketika kita menyebutkan komputer 32 bit atau arsitektur komputer 32 bit maupun platform komputer 32 bit, bahwa bergotong-royong 32 bit atau 64 bit tersebut yakni jenis processor yang dipakai oleh suatu komputer.

Baiklah kini kita akan membicarakan beberapa poin penting tentang komputer 32 bit dan 64 bit. Untuk itu disini kita sudah meringkas beberapa keyword yang penting tentang 32 bit dan 64 bit, yakni :
Daftar Isi

Apa itu processor

Processor yakni elemen komputer yang penting, bertindak selaku otak komputer dalam hal pengantaran dan penerimaan sinyal ke perangkat komputer yang lain agar kita sanggup menjalankan semua fungsi-fungsi pada suatu komputer dengan baik.

Kita sanggup peroleh prosesor ini pada suatu socket yang menempel pada motherboard. Ketika anda menggunakan komputer atau perangkat mobile untuk mengirim email, mengambil gambar, posting online atau browsing Internet, prosesor anda-lah yang menanggulangi semua data dan menjalankan semua agenda dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Ada suatu analogi yang penulis kutip dari quora, dimana menggambarkan kinerja suatu processor dan bab elemen komputer lainnya.

Kita misalkan : Kantor Anda (secara keseluruhan) yakni suatu PC. Di dalam kantor anda terdapat :
  • Anda sendiri bertindak selaku CPU
  • Meja anda bertindak selaku RAM
  • Filling cabinet kita umpamakan selaku Hard Drive Anda dengan file / folder di dalamnya.
Ketika anda (Prosesor) mengambil file dari filling cabinet (Hard drive), dan meletakkannya di meja Anda (mewakili ruang kosong di RAM) untuk digunakan.

Anda melakukan pekerjaan dengan file di meja kerja Anda, jikalau Anda memerlukan lebih banyak file, anda kembali ke filling cabinet. Meja Anda yakni daerah anda menyimpan apa yang sedang Anda kerjakan.

Jika meja anda terlalu kecil, otomatis anda tidak dapat banyak menjalankan beberapa file / folder - setidaknya tidak begitu bagus. Anda mesti terus-menerus bolak-balik antara meja kerja Anda (RAM), dan Filling Cabinet anda (Hard drive).

Jika kesanggupan anda (Processor) terbatas, pastinya pekerjaan yang sanggup tertuntaskan juga terbatas. Nah disinilah kalau kecepatan processor besar kita ibaratkan dengan keadaan badan anda yang fit, pastinya pekerjaan yang sanggup tertuntaskan sanggup berlangsung dengan baik.

Kecepatan processor diukur dalam Hertz. Satu hertz yakni kecepatan dimana satu operasi dijalankan dalam satu detik. Biasanya kecepatan komputer diukur dalam giga hertz. 1 GHz yakni kecepatan yang dibutuhkan CPU untuk melaksanakan satu juta kiprah sederhana. Sebuah "tugas sederhana" meliputi langkah terkecil yang dapat dijalankan prosesor.

Back to Content

Apa itu bit

Bit yakni unit data terkecil di komputer. Bit ialah akronim dari binary digit, yakni suatu nilai berisikan 0 atau 1.

Jumlah bit dalam processor mengacu pada ukuran tipe data yang dikerjakan dan ukuran registernya. Register itu sendiri yakni area memori berkecepatan tinggi pada CPU, yang memuat data dan isyarat yang sedang diproses. Makara kian besar bit yang dipakai pada processor mempunyai arti sama halnya kian besar ukuran register yang digunakan. Dengan kian besar ukuran register, maka kian cepat komputer bisa mengolah satu set data.

Back to Content

Arti 32 bit dan 64 bit

Karena kita sedang membicarakan tentang processor, maka maksud dari 32 bit disini yakni processor yang memiliki 32 bit. Karena arti dari 32 bit sanggup dihubungkan juga terhadap sejumlah warna yang terdapat pada GPU (Graphics Processing Unit).

Maksud dari processor 32 bit yakni processor yang dapat mentransfer 32 bit data per clock cycle. Clock cycle ini menyatakan kecepatan processor yang sering dinyatakan dalam satuan megahertz(MHz) atay gigahertz(GHz).

Setiap bit sanggup memiliki dua nilai sehingga 32 bit memiliki nilai 232. Hasilnya setara dengan lebih dari 4 miliar nilai (4.294.967.296 dalam desimal dan 100000000 dalam heksadesimal).

Sedangkan processor 64 bit sanggup mentransfer data lebih banyak dari processor 32 bit, yakni sebanyak 64 bit data per clock cycle. Nilai 64 bit ini setara dengan 264 atau lebih dari 18 triliun.

Back to Content

Perbedaan Komputer 32 bit dengan Komputer 64 bit

Dari beberapa klarifikasi di atas, kita sudah mendapat beberapa perbedaan antara komputer yang menggunakan processor 32 bit dengan processor 64 bit, salah satunya yakni duduk permasalahan kesanggupan penanganan data.

Untuk perbedaan-perbedaan lain, sanggup dilihat pada tabel berikut ini :
Komputer 32 Bit Komputer 64 Bit
Jumlah RAM yang dipakai komputer 32 bit, yakni cuma bisa disokong hingga dengan 4G. Jika RAM yang dipakai lebih dari 4 GB ,sistem akan tetap membacanya sebesar 4 GB Pada komputer 64-bit sanggup menggunakan RAM lebih besar dari 4GB.
Dari segi tampilan pastinya kalah dari komputer 64 bit Performa komputer 64 bit sungguh ideal dipakai untuk pekerjaan yang memerlukan komputasi besar mirip dalam permasalahan editing video dan rendering
Pada komputer 32 bit cuma sanggup diinstall Sistem Operasi 32 bit Untuk komputer 64 bit kita sanggup menginstall Sistem Operasi 64 bit dan juga Sisem Operasi 32 bit


Back to Content


Cara Mengecek Apakah Komputer 32 bit atau 64 bit

Disini yang kita maksud pengecekan komputer 32 bita atau 64 bit yakni komputer yang belum diinstall Sistem Operasi, sehingga tak ada satupun software yang sanggup diinstall untuk menyaksikan apakah komputer tersebut menggunakan processor 32 bit atau 64 bit.

Tutorial yang beredar pada biasanya mengevaluasi komputer begitu Sistem Operasi sudah diinstall. Misal kita hendak menginstall OS Windows, OS Windows 32 bit atau OS Windows 64 bit kah yang mesti kita install. Kalau kita spekulasi dengan menginstall model rendahnya dahulu (OS Windows 32 bit), gres sehabis itu kita cek, oh ternyata komputer kita support 64 bit. Tentunya hal tersebut bukanlah cara yang bijak.

Lalu bagaimana mengeceknya jikalau belum ada OS ?

Untuk mmengecek komputer 32 bit atau 64 bit:
  • Cek spesfikasi RAM yang digunakan
    Ketika anda berbelanja komputer, coba amati detil spesifikasinya. Pastinya ada besarnya RAM yang digunakan. Seperti klarifikasi di atas, komputer 64 bit bisa mendukung RAM diatas 4 GB. Makara dari sini kita bisa menyimpulkan, jikalau komputer tersebut dibarengi dengan RAM di atas 4 GB, sudah niscaya komputer tersebut 64 bit. Ketika anda berbelanja komputer, coba cek di spesikasi detilnya. Memang agak jarang dicantumkan

    Namun jikalau komputer tersebut dibarengi dengan RAM cuma hingga 4 GB pada dikala pertama kali anda beli komputer tersebut, belum tentu komputer tersebut tidak support 64 bit. Kita mesti mengevaluasi kepastiannya pada website, alasannya sungguh jarang dicantumkan 32 bit atau 64 bit pada spesifikasi product (baik di user's guide atau brosur).


  • Cek lewat website
    Khusus untuk processor intel, silahkan ikuti isyarat berikut :
    1. datangi alamat : https://ark.intel.com/id/

    2. Lalu pada bab search masukkan nama processor (lihat gambar di bawah ):

    3. Hasilnya sanggup anda peroleh apakah tipe processor yang sudah kita input 32 bit atau 64 bit pada bab Set Instruksi.
    Sedangkan untuk processor AMD, kita sanggup memutuskan bahwa processor tersebut support 32 bit atau 64 bit dengan cara menyaksikan pada driver yang ditambahkan pada pembelian. Biasanya, jikalau komputer tersebut support 64 bit, pastinya ada driver untuk model 64 bit.

Back to Content

Cara Cek OS 32 bit atau 64 bit

Terdapat banyak cara untuk mengevaluasi apakah kita sedang menggunakan metode operasi Windows 32 bit atau 64 bit. Namun dalam panduan ini, kita cuma memamerkan satu cara yang jarang diulas oleh pada biasanya tutorial, yakni menggunakan command prompt pada Windows. Silahkan ketik kode berikut pada command prompt :
wmic os get OSArchitecture

Sehingga kita akan mendapat kesannya mirip gamba di bawah ini :

Untuk proses pengecekan berapa bit OS linux yang sedang digunakan, terdapat juga banyak cara mengeceknya. Namun disini kita cuma menggunakan CLI Linux dengan mengetikkan kode berikut :
uname -m 

atau kode di atas sama fungsinya dengan kode di bawah ini :
arch

Back to Content


Referensi
1.https://www.techwalla.com/articles/what-is-the-purpose-of-a-computer-processor
2.https://www.quora.com/What-is-the-basic-function-of-RAM-processor-with-an-example
3.https://www.computerhope.com/jargon/b/bit.htm
4.https://www.fastwebhost.in/blog/how-to-find-if-linux-is-running-on-32-bit-or-64-bit/
5.https://www.howtogeek.com/198615/how-to-check-if-your-linux-system-is-32-bit-or-64-bit/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Perbedaan Komputer 32 Bit Dan 64 Bit Secara Mendalam"

Posting Komentar