Cara Cek Data Guru Kandidat Ppg Tahun 2022 Secara Online

sizoole.blogspot.com – Panduan untuk mengerjakan cek data riwayat pendidikan formal, data identitas guru, data riwayat karir guru dan data kepegawaian secara online oleh masing-masing PTK yang bersangkutan.

Sahabat pendidikan pada peluang kali ini admin akan menyodorkan gunjingan wacana bagaimana cara untuk sanggup mengevaluasi data guru secara sanggup bangun diatas kaki sendiri tanpa mesti menyaksikan di dapodik melainkan sanggup diakses sendiri oleh masing-masing PTK secara online.

 

Seperti kita pahami Bersama bahwa baru-baru ini sudah beredar gunjingan wacana akan dilaksanakannya pendidikan profesi guru (PPG) bagi para guru yang belum memiliki akta pendidik. Adapun acara PPG yang hendak di laksanakan di tahun ini sanggup dibarengi oleh guru honorer, guru PPPK dan guru PNS yang sampai di sekarang ini belum pernah mengikuti PPG dan belum memiliki akta pendidik.

 

Dengan mengikuti PPG maka nantinya seorang guru akan mendapat akta pendidik yang mana kalau seorang guru sudah memiliki akta pendidik maka guru tersebut sanggup memiliki hak untuk mendapat peran serta profesi guru sesuai dengan hukum dan ketetapan yang berlaku. Semua guru sudah pasti mengharapkan untuk sanggup memiliki akta pendidik, terlebih di sekarang ini bagi guru non PNS yang sudah memiliki SERDIK maka di berikan peluang yang sungguh besar untuk sanggup lulus dalam seleksi PPPK.

 

Sahabat pendidikan yang berbahagia, perlu di pahami bahwa untuk sanggup terpilih atau terpanggil selaku kandidat akseptor PPG di tahun ini maka ada beberapa hal penting yang mesti di katahui utamanya dalam hal kelengkapan data kepegawaian yang ada di dalam aplikasi dapodik. Saat ini bagi kandidat akseptor PPG tahun ini data yang hendak menjadi dasar untuk terpanggil selaku kandidat PPG guru dalam jabatan adalah data yang bersumber dari dapodik sehingga bagi kandidat PPG guru maka hendaknya sanggup mengevaluasi datanya agar sesuai dengan data yang sebenarnya.

 

Lantas, bagaimana cara agar masing-masing guru sanggup menyaksikan atau mengevaluasi data yang sudah diinputkan dari dalam dapodik tanpa mesti membuka aplikasi dapodik ???

Saat ini data yang diinput di dapodik sanggup pribadi terlihat secara online utamanya untuk data identitas kepegawaian, dan data-data yang lain dengan catatan operator dapodik sudah mengerjakan update dan synkronisasi dapodik.

 

Sebelum membahas lebih jauh wacana bagaimana cara mengevaluasi data individu guru secara online maka berikut ini klarifikasi terkait pentingnya mengerjakan pemutakhiran data bagi guru yang hendak mengikuti PPG di tahun 2022 ini.


Berikut ini penjelasannya :

Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 0063/B2/GT.03.15/2022 Perihal Pemutakhiran Data Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022, satuan pendidikan diperlukan sanggup mengerjakan pemutakhiran data kandidat akseptor PPG dalam jabatan tahun 2022 antara lain:

 

1.   Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir lewat laman verval PTK (https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id);

2.   Riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan terakhir yang diperbaharui lewat Manajemen Individu PTK (https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id);

3.   Riwayat karir guru mulai dari pertama kali mengajar lewat Aplikasi Dapodik; dan

4.   Status kepegawaian dan jenis PTK lewat Manajemen Dinas Pendidikan (https://datadik.kemdikbud.go.id);

Nah dengan dasar itulah maka guru wajib untuk mengerjakan cek datanya agar sanggup mengenali data apa saja yang masih belum lengkap dan data apa saja yang perlu untuk di perbaharui.

 

Baiklah berikut ini klarifikasi dan bimbingan perihal cara untuk mengerjakan cek data individu guru secara online untuk antisipasi dalam mengikuti PPG tahun 2022:

1.   Login pada laman ptk datadik yang beralamat di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan akun/ email ptk yang sudah terdaftar di dapodik

2.   Pada Data PTK silahkan klik santapan BIODATA dan pilih sub santapan IDENTITAS, apabila terdapat perbedaan atau kesalahan maka sanggup di laksanakan perbaikan dengan berkoordinasi lewat operator (dapodik) di satuan Pendidikan masing-masing

3.   Kemudian teruskan pada santapan PENDIDIKAN. Pastikan pada Riwayat Pendidikan formal datanya sudah sesuai dengan Pendidikan yang sudah dijalani dan apabila masih belum lengkap silahkan lengkapi secara sanggup bangun diatas kaki sendiri serta laksanakan edit sanggup bangun diatas kaki sendiri apabila terdapat data ketidak sesuaian dengan dokumen yang sudah di entry



4.   Untuk mengevaluasi Data RIWAYAT KARIR GURU sanggup di pastikan keterisiannya pada santapan RIWAYAT (sub santapan RIWAYAT KERJA), kelengkapan datanya pastikan sudah terisi sesuai data yang sebenarnya



5.   Keterisian Jenis PTK dan status kepegawaian sanggup di pastikaan kesesuaiannya lewat santapan Biodata (sub santapan kepegawaian) dan isian di dapodik sekolah


Demikianlah cara untuk sanggup mengerjakan cek data guru secara online dengan menggunakan akun masing-masing guru yang bersangkutan. Apabila guru belum memiliki akun untuk sanggup login ke alamat tersebut maka guru sanggup meminta akunnya lewat operator dapodik sekolah masing-masing.

Sekian gunjingan ini admin bagikan mudah-mudahan sanggup bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Data Guru Kandidat Ppg Tahun 2022 Secara Online"

Posting Komentar