Pengertian Hujan Asam, Penyebab, Imbas Dan Manfaatnya

Serba definisi kali ini akan menengahkan pembahasan ihwal materi geografi dengan pokok pembahasan ihwal hujan asam.

Hujan ialah sebuah hal yang biasa kita alami, terlebih kita tinggal di negara tropis. Bahkan acap kali hujan yang turun begitu lebat dan terus menerus sanggup memunculkan kebanjiran yang hebat di sebuah negara apabila metode drainase dan wilayah resapan airnya kurang memadai.

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas jenis-jenis hujan. Nah dalam pembahasan kali ini khusus dikupas ihwal hujan asam yang termasuk :
  • apa itu hujan asam
  • penyebab hujan asam
  • dampat atau kerugian hujan asam
  • manfaat atau laba hujan asam

Apa itu hujan asam ?

Hujan asam sanggup diartikan selaku hujan yang mempunyai tingkat derajat keasaman (pH) dibawah 5.6. Dengan demikian tetesan air hujan yang turun ke bumi sudah bersifat asam dikarenakan atmosfir yang tercemar,  dimana sebagian besar disebabkan oleh sejumlah besar welirang dan nitrogen yang dilepaskan oleh kendaraan beroda empat dan proses industri.

Penyebab Hujan Asam

Hujan asam terjadi di saat welirang dioksida (SO2) dan Nitrogen oksida(NOX) dipancarkan ke atmosfer dan dimuat oleh arus angin dan udara. SO2 dan NOX bereaksi dengan air, oksigen dan materi kimia yang lain untuk membentuk asam sulfat dan nitrat, sehabis itu bercampur dengan air dan materi yang lain sebelum jatuh ke tanah.

Sebagian kecil dari SO2 dan NOX yang memunculkan hujan asam berasal dari sumber alami menyerupai gunung berapi, sedangkan penyumbanang paling besar hujan asam berasal dari pembakaran materi bakar fosil.

Sumber utama SO2 dan NOX di atmosfer adalah:
  • Pembakaran materi bakar fosil untuk menciptakan listrik. Dua pertiga dari SO2 dan seperempat NOX di atmosfer berasal dari pembangkit listrik.
  • Kendaraan dan alat berat.
  • Manufaktur, kilang minyak dan industri lainnya.

Bentuk Deposisi Asam

Deposisi Basah
Bila materi kimia asam tertiup di wilayah yang mempunyai cuaca basah, asam turun ke tanah berupa hujan, salju, kabut dan kabut.

Deposisi Kering
Di wilayah di mana cuacanya kering, materi kimia asam diaduk dengan debu atau asap dan jatuh ke tanah, melekat di tanah, bangunan, rumah, mobil, dan pepohonan.

Dampak Hujan Asam

Berikut ini yaitu beberapa efek atau kerugian dengan turunnya hujan asam :
  • Efek pada Lingkungan Perairan
    Hujan asam baik yang eksklusif turun pada tubuh air atau dilepaskan dari hutan, jalan dan ladang mengalir ke sungai, sungai dan danau. Selama periode waktu, asam terakumulasi dalam air dan menurunkan pH keseluruhan tubuh air. Tanaman air dan binatang memerlukan tingkat pH tertentu sekitar 4,8 untuk bertahan hidup. Jika tingkat pH turun di bawah kondisi menjadi berselisih untuk kelancaran hidup air. Kecenderungan hujan asam untuk merubah pH dan fokus aluminium sungguh mensugesti tingkat fokus pH di permukaan air, sehingga mensugesti ikan dan juga bentuk kehidupan air lainnya. Pada tingkat pH di bawah 5, pada biasanya telur ikan tidak sanggup menetas. PH yang lebih rendah juga sanggup membunuh ikan dewasa. Limpasan hujan asam dari wilayah tangkapan air ke sungai dan danau juga sudah meminimalisir keragaman hayati lantaran sungai dan danau menjadi lebih asam. Spesies tergolong jenis ikan, tumbuhan dan serangga di beberapa danau, sungai dan sungai sudah menyusut dan beberapa bahkan sungguh-sungguh dihilangkan lantaran hujan asam berlebih mengalir ke perairan.

  • Efek pada Hutan.
    Dapat memunculkan pohon rentan kepada penyakit, cuaca ekstrem, dan serangga dengan menghancurkan dedaunan , menghancurkan kulit kayu dan menahan perkembangan pohon. Kerusakan hutan jawaban hujan asam paling konkret di Eropa Timur - utamanya Jerman, Polandia dan Swiss.

  • Efek pada Tanah
    Hujan asam sungguh mempunyai efek pada kimia dan biologi tanah . Artinya, mikroba tanah dan acara biologis serta komposisi kimia tanah menyerupai pH tanah rusak jawaban hujan asam. Tanah perlu menjaga tingkat pH optimum untuk kelancaran acara biologis. Ketika hujan asam meresap ke dalam tanah, itu memiliki arti pH tanah yang lebih tinggi, yang menghancurkan atau membalikkan acara biologis dan kimiawi tanah. Oleh lantaran itu, mikroorganisme tanah yang sensitif yang tidak sanggup mengikuti kondisi kepada pergeseran pH terbunuh. Keasaman tanah yang tinggi juga mendenaturasi enzim untuk mikroba tanah. Pada tingkat yang sama, ion hidrogen dari hujan asam melepaskan mineral vital dan nutrisi menyerupai kalsium dan magnesium.

  • Efek pada Penutup Vegetasi dan Perkebunan
    Efek menghancurkan dari hujan asam di tanah dan tingginya tingkat deposisi kering tanpa henti menghancurkan hutan dataran tinggi dan tutupan vegetasi lantaran sebagian besar dikelilingi oleh kabut asam dan awan. Selain itu, pengaruh hujan asam kepada harmoni ekologis yang meluas sudah memunculkan perkembangan kerdil dan bahkan selesai hidup beberapa hutan dan tutupan vegetasi.

  • Efek pada Arsitektur Bangunan
    Hujan asam pada bangunan, utamanya yang dibangun dengan kerikil kapur, bereaksi dengan mineral dan memunculkan korosi. Hal ini menciptakan bangunan menjadi lemah dan rentan kepada kerusakan. Bangunan modern, mobil, pesawat terbang, jembatan baja dan pipa seluruhnya terkena hujan asam. Kerusakan yang tak tergantikan sanggup disebabkan oleh bangunan peninggalan kuno.
  • Efek pada Kesehatan
    Bila di atmosfer, sulfur dioksida dan gas nitrogen oksida dan turunan partikelnya menyerupai sulfat dan nitrat sanggup menurunkan jarak pandang dan sanggup memunculkan kecelakaan. Kesehatan insan tidak terkena efek eksklusif hujan asam lantaran air hujan asam terlalu encer. Namun, deposisi kering yang juga dipahami selaku partikel gas di udara yang dalam hal ini yaitu nitrogen oksida dan sulfur dioksida sanggup memunculkan duduk problem kesehatan serius di saat dihirup. Tingkat deposisi asam yang intensif dalam bentuk kering di udara sanggup memunculkan duduk problem paru-paru dan jantung menyerupai bronkitis dan asma.

Manfaat Hujan Asam

Memang mengatakan ihwal hujan asam banyak kerugian atau efek negatif yang terdapat dari hujan asam tersebut. Sisi positif atau satu- satunya faedah yang sanggup di peroleh dari hujan asam ini yaitu sanggup  melarutkan banyak sekali mineral yang mana hal ini sungguh di perlukan oleh tumbuhan dan juga binatang.


Referensi

1. http://www.conserve-energy-future.com/causes-and-effects-of-acid-rain.php
2. https://www.epa.gov/acidrain/what-acid-rain

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Hujan Asam, Penyebab, Imbas Dan Manfaatnya"

Posting Komentar