Apa Itu Pesawat Ulang Alik Dan Pesawat Ruang Angkasa?

Pembahasan kita kali ini akan mengupas mengenai  Apa itu Pesawat Ulang Alik dan Apa itu Pesawat Ruang Angkasa ?. Kita sering mendengar perumpamaan Pesawat Ulang Alik yang kerap kali oleh sebagian orang disebut dengan Pesawat Ruang Angkasa  . Lalu samakah kedua perumpamaan tersebut. Untuk memahaminya, mari kita menjajal mengenal apalagi dulu definisi atau pemahaman dari kedua perumpamaan tersebut.

Definisi Pesawat Ulang Alik

Dikutip dari dictionary.com, pesawat ulang alik merupakan suatu kendaraan (pesawat) yang dibangun oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang dapat lepas landas dari Bumi, menjinjing kru dan kargo (muatan) ke luar angkasa dan kembali lagi ke bumi untuk digunakan kembali.

Pesawat ulang alik ini dimengerti dengan nama Space Transportation System (STS) atau lebih terkenal dengan NASA's Space Shuttle atau Space Shuttle saja.


Lalu Apa itu Pesawat Ruang Angkasa ?

Pesawat Ruang Angkasa atau kerap kali sering disebut dengan Pesawat Luar Angkasa merupakan suatu kendaraan atau mesin yang didesain untuk melakukan penerbangan menuju luar angkasa.

Pesawat luar angkasa sering digunakan untuk banyak sekali tujuan, seperti:
  • Untuk komunikasi, 
  • Observasi bumi.
  • Meteorologi
  • Navigasi
  • Eksplorasi planet, 
  • Dan transportasi insan dan kargo.


Dengan demikian kita sanggup menyimpulkan bahwa pesawat ulang alik merupakan pesawa luar angkasa juga. Karena yang pertama memperkenalkan perumpamaan tersebut merupakan NASA dengan misi penerbangan pertamanya lewat Space Shuttle Enterprise (Pesawat Ulang Alik Enterprise), maka perumpamaan pesawat ulang alik sering mengambil alih perumpamaan pesawat luar angkasa yang intinya ada beberap perbedaan.

Kaprikornus Apa bedanya Pesawat Ulang Alik dengan Pesawat Luar Angkasa yang lain ?

Perbedaan antara Pesawat Ruang Angkasa(Spacecraft) dan Pesawat Ulang Alik(Space Shuttle) adalah:
  • Pesawat Ruang Angkasa hanya bisa menjinjing satu satelit.
  • Sedangkan Pesawat Ulang Alik bisa menjinjing dua hingga tiga satelit dalam satu kali  take-off. 
  • Pesawat ulang-alik merupakan jenis tertentu dari pesawat ruang angkasa NASA yang digunakan untuk kesibukan Sistem Transportasi Space untuk memindahkan orang, persediaan dan komponen ke ruang angkasa dan kembali lagi ke Bumi setelah selesainya misi.
Kaprikornus perumpamaan Pesawat Ruang Angkasa adalah nama biasa untuk suatu pesawat yang sanggup diluncurkan ke ruang angkasa.

Pesawat luar angkasa pertama 

Pesawat luar angkasa pertama merupakan Vostok I dengan menjinjing satelit  Sputnik I (satelit pertama di dunia) yang sukses diluncurkannya  pada tahun 1957, kemudian dibarengi kesuksesan dengan menerbangkan Yuri Gagarin mengelilingi Bumi diluar angkasa pada tahun 1961.




Referesi :

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Space_Shuttle_Columbia
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Program_luar_angkasa_Uni_Soviet
3. http://www.dictionary.com/browse/space-shuttle

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Pesawat Ulang Alik Dan Pesawat Ruang Angkasa?"

Posting Komentar