Memahami Pemahaman Massa Atom Dan Berat Atom

Dalam klarifikasi definisi kali ini, kita akan menjajal mengetahui definisi massa atom dari acuan ilmiah yang terpercaya.

Apa itu massa atom ?

Massa atom merupakan massa total proton, neutron, dan elektron dalam bagian tertentu, biasanya dinyatakan dalam satuan atomic mass unit. Simbol untuk menyatakan satuan  atomic mass unit sering dilambangkan dengan AMU atau amu.

Lembaga yang berjulukan International Union of Pure dan Applied Chemistry (IUPAC) sudah mendefinisikan satu  atomic mass unit (AMU)  adalah 1/12 dari massa  atom carbon-12 (C-12). Dalam inti atom C-12 mengandung. enam proton dan enam neutron

Cara mengkalkulasikan massa atom ?

Untuk mengkalkulasikan massa atom dari suatu elemen, massa semua isotop mesti diperhitungkan. Oleh alasannya merupakan itu massa atom merupakan suatu massa rata-rata. Untuk mendapat massa rata-rata ini, persentase isotop yang diketahui dari suatu bagian bareng dengan massa masing-masing mesti dijumlahkan dan dirata-ratakan ke bawah. Massa suatu elektron sangatlah kecil sehingga sanggup diabaikan dan tidak dimasukkan ke dalam perhitungan.

Apa itu berat atom ?

Definisi berat atom tidak sama dengan massa atom, sehingga sering kali banyak yang menggunakan perumpamaan berat atom untuk massa atom, begitupun yang semestinya massa atom digunakan perumpamaan berat atom.

Berat atom sering disebut juga juga disebut massa atom relatif. Berat atom merupakan massa rata-rata semua isotop dari jenis tertentu. Ini merupakan rata-rata tertimbang yang memperhitungkan kelimpahan semua isotop yang berbeda.

Apa itu nomor massa atom ?

Nomor massa atom (A) menyatakan jumlah proton dan neutron di dalam inti atom, sedangkan nomor atom (Z) menyatakan jumlah proton di dalam inti atom. Nomor atom juga menyatakan jumlah elektron yang beredar mengelilingi inti atom.

Referensi
1. https://www.reference.com/science/atomic-mass-b1e61d52c1c7c9ba#
2. https://www.britannica.com/science/atomic-weight.
3. http://www.wikihow.com/Calculate-Atomic-Mass

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Pemahaman Massa Atom Dan Berat Atom"

Posting Komentar