Pengertian Tabel Periodik Dan Manfaatnya

Dalam pelajaran kimia niscaya kita sering bergelut dengan unsur-unsur kimia. Biasanya unsur-unsur kimia tersebut dihidangkan dalam bentuk tabel. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas:
  • Pengertian tabel periodik
  • Perbedaan periode dan golongan
  • Manfaat tabel periodik

Pengertian tabel periodik ?

Tabel periodik yakni tabel yang memperlihatkan unsur-unsur kimia yang pada mulanya dikontrol dalam urutan berat atom, tetapi kini sesuai dengan nomor atom. Tabel periodik memiliki baris (kiri ke kanan) dan kolom (atas dan bawah). Tiap-tiap baris memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya, berilium (Be) dan magnesium (Mg) didapatkan dalam kolom dua dan menyebarkan kesamaan tertentu sementara kalium (K) dan kalsium (Ca) dari baris keempat memiliki karakteristik yang berlainan dari baris kedua.

Tabel periodik disusun dalam urutan meningkatnya nomor atom. Unsur-unsur kimia dengan sifat yang serupa (karakteristik) disusun dalam kolom yang serupa (disebut golongan), dan unsur-unsur dengan jumlah yang serupa dari kulit elektron disusun dalam baris yang serupa (disebut periode).

Perbedaan Periode dan Golongan

Periode adalah:
  • Merupakan  lajur horizontal pada tabel periodik.
  • Terdiri 7 periode. Masing-masing periode menyatakan jumlah/banyaknya kulit atom unsur-unsur yang menempati periode-periode tersebut.

Golongan yakni :
  • Sistem periodik terdiri atas 18 kolom vertikal yang terbagi menjadi 8 kelompok utama (golongan A) dan 8 kelompok transisi (golongan B).
  • Unsur-unsur yang memiliki elektron valensi sama diposisikan pada kelompok yang sama.
Unsur-unsur kelompok A memiliki nama lain yakni :
Golongan Nama lain
Golongan IA Golongan Alkali
Golongan IIA Golongan Alkali Tanah
Golongan IIIA Golongan Boron
Golongan IVA Golongan Karbon
Golongan VA Golongan Nitrogen
Golongan VIA Golongan Oksigen
Golongan VIIA Golongan Halida/Halogen
Golongan VIIIA Golongan Gas Mulia

Manfaat tabel periodik 

Berikut ini adalaah faedah kenapa unsur-unsur kimia tersebut dibentuk dalam metode tabel periodik:
No. Manfaat
1. Tabel tersebut berbincang mengapa unsur-unsur kimia berada dalam kelompok yang memiliki karakteristik yang sama. Tabel tersebut juga berbincang bagaimana dan mengapa sifat-sifat elemen kimia berlainan dalam periode yang sama.
2. Memprediksi harga bilangan oksidasi dari nomor kelompok sebuah unsur, baik elemen utama maupun elemen transisi, menyatakan bilangan oksidasi tertinggi yang sanggup diraih oleh elemen tersebut. Hal ini berlaku bagi elemen logam dan elemen non logam.
3. Mencari bilangan oksidasi paling rendah yang sanggup diraih oleh sebuah elemen bukan logam yakni nomor kelompok dikurangi delapan. Adapun bilangan oksidasi paling rendah bagi elemen logam yakni nol. Hal ini disebabkan lantaran elemen logam sulit dipercayai memiliki bilangan oksidasi negatif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Tabel Periodik Dan Manfaatnya"

Posting Komentar