2 Cara Mengisi Data Riwayat Karir Guru Di Dapodik 2022

sizoole.blogspot.com – Cara Menginput Riwayat Karir guru di Aplikasi Dapodik Versi Terbaru Tahun 2022.

Sahabat pendidikan yang budiman, selamat berjumpa kembali di situs web pendidikan milik kherysuryawan.id yang mana pada potensi kali ini admin akan memamerkan bimbingan mengenai bagaimana cara input data riwayat karir guru di dalam aplikasi dapodik.

 

Kita pahami bareng bahwasannya selaku seroang pegawai baik itu pegawai PNS maupun pegawai honorer maka bagi mereka yang sudah terdata di aplikasi dapodik maka pasti saja memiliki jejak rekam selama menjadi pegawai apakah itu selaku guru/tenaga pendidik ataukah selaku staf/tenaga kependdikan di sebuah sekolah.

 

Riwayat karir guru ialah jejak rekam guru selama melaksanakan kiprah kepegawaiannya mulai dari pertama kali melaksanakan kiprah sampai di saat ini. Sebagai referensi kalau ada seorang guru yang datanya sudah diinput di aplikasi dapodik dan ternyata guru tersebut sudah mulai melakukan pekerjaan atau mengajar di sekolah sejak tahun 2018 sampai tahun 2022 maka guru tersebut mesti menginputkan data riwayat karir gurunya di aplikasi dapodik sejak tahun 2018 sampai kini dengan mengacu pada SK yang ada pada guru tersebut.

 

Pengisian riwayat karir guru sungguh penting untuk diisi oleh masing-masing PTK kedalam aplikasi dapodik. Khusus untuk pengisian riwayat karir guru maka masing-masing guru sanggup menginputkannya di aplikasi dapodik dengan cara login menggunakan akun PTK masing-masing yang sudah dibuatkan oleh operator dapodik sekolah.

 

Dengan mengisikan riwayat karir guru secara lengkap kedalam aplikasi dapodik maka akan membuat lebih gampang pihak sentra data untuk mengenali jejak rekam seorang guru selama menjadi guru di satuan pendidikan. Lamanya guru mengajar akan gampang di pahami dengan menyaksikan data kepegawaian terutama pada bab riwayat karir guru.

 

Salah satu tolok ukur bagi seorang guru untuk sanggup mengikuti agenda acara pendidikan profesi guru (PPG) yakni dengan mengisi secara lengkap data riwayat karir guru dengan tujuan mudah-mudahan data guru yang hendak dipanggil selaku kandidat akseptor PPG sanggup di pahami lewat data riwayat karir guru tersebut. Data pada riwayat karir guru akan menjadi dasar dalam mengenali usang seorang guru mengajar selama menjadi guru di sekolah.

 

Perlu di pahami pula bahwa data riwayat karir guru bukan memiliki arti cuma usang guru mengajar di sekolah yang di sekarang ini di tempati saja melainkan data riwayat karir guru yakni mulai guru pertama kali mengajar di sekolah pertama dan apabila pindah kesekolah yang gres maka data riwayat karir guru di sekolah barupun tetap mesti diinput. Intinya bahwa semua riwayat guru di saat mengajar di sekolah mesti dinputkan ke dalam aplikasi dapodik dengan catatan memiliki SK mengajar di sekolah tersebut.

 

Saat ini masih banyak guru dan juga operator dapodik sekolah yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara untuk mengisi riwayat karir guru kedalam aplikasi dapodik ??? apakah hal tersebut sanggup diisi oleh masing-masing guru ataukah cuma sanggup diinput lewat operator dapodik sekolah saja.

 

Nah pertanyaan diatas menjadi hal penting yang mesti di pahami baik oleh guru maupun oleh operator dapodik sekolah. Sebenarnya pertanyaan diatas pastinya mesti sudah di pahami oleh setiap operator dapodik sekolah pada umumnya, tetapi bagi para OPS yang masih gres maka pastinya hal itu masih belum di ketahui.

 

Pada artikel kali ini admin akan menerangkan bahwa yang sanggup mengisi atau menginputkan data riwayat karir guru yakni sanggup oleh guru masing-masing dengan login ke dapodik menggunakan akun masing-masing guru atau sanggup juga dengan bantuan operator dapodik sekolah. Kaprikornus kedua-duanya sanggup untuk melakukannya.

 

Lantas bagaimana cara untuk mengisi data riwayat karir guru di dalam aplikasi dapodik ???

Ada 2 cara untuk melaksanakan pengsian riwayat karir guru, dan Berikut ini penjelasannya :

 

# CARA 1

MENGISI RIWAYAT KARIR GURU MELALUI AKUN MASING-MASING GURU

1.   Silahkan siapkan akun dapodik masing-masing guru

2.   Kemudian laksanakan login dapodik menggunakan akun guru

3.   Selanjutnya, silahkan pilih suguhan GTK, kemudian pilih sub-menu Guru



4.   Kemudian silahkan klik nama guru yang bersangkutan dan teruskan dengan mengklik suguhan “ubah”



5.   Selanjutnya pada data detail GTK silahkan klik suguhan “Riwayat Karir guru”

6.   Untuk mengisi riwayat karir guru silahkan klik suguhan “Tambah”


7.   Adapun data-data yang perku untuk diinputkan yakni selaku berikut :

-          Jenjang Pendidikan

-          Jenis Lembaga

-          Status Kepegawaian

-          Jenis PTK

-          Lembaga Pengangkat

-          No. SK Kerja

-          Tgl SK Kerja

-          TMT Kerja

-          TST Kerja

-          Tempat Kerja

-          TTD SK  Kerja

-          Mapel Diajarkan

8.   Setelah semua data diisi maka klik “Simpan”

9.   Lakukan pengisian mulai dari riwayat pertama mengajar sampai terakhir

10.Setelah semua riwayat mengajar diisikan maka jangan lupa untuk melaksanakan synkronisasi dapodik (hanya sanggup dijalankan oleh OPS) mudah-mudahan data yang sudah diinputkan sanggup terkirim ke server pusat.

11.Selesai.

 

# CARA 2

MENGISI RIWAYAT KARIR GURU MELALUI AKUN OPERATOR DAPODIK SEKOLAH

1.   Login ke aplikasi dapodik dengan menggunakan akun OPS

2.   Selanjutnya klik suguhan “Pengaturan’ dan klik “Tukar Akses Pengguna”



3.   Selanjutnya masukkan isyarat pendaftaran sekolah dan klik “OK”



4.   Kemudian silahkan pilih nama guru yang bersangkutan dan klik “tukar pengguna”



5.   Selanjutnya, silahkan pilih suguhan GTK, kemudian pilih sub-menu Guru

6.   Kemudian silahkan klik nama guru yang bersangkutan dan teruskan dengan mengklik suguhan “ubah”

7.   Selanjutnya pada data detail GTK silahkan klik suguhan “Riwayat Karir guru”

8.   Untuk mengisi riwayat karir guru silahkan klik suguhan “Tambah”

9.   Silahkan isi data riwayat guru sesuai seruan data pada kolom yang sudah di sediakan

10.Setelah semua data diisi maka klik “Simpan”

11.Lakukan pengisian mulai dari riwayat pertama mengajar sampai terakhir

12.Langkah terakhir silahkan laksanakan synkronisasi.

13.Selesai.

 

Demikianlah isu mengenai cara untuk melaksanakan pengisian data riwayat karir guru lewat aplikasi dapodik, mudah-mudahan dengan menggunakan 2 cara yang sudah admin jelaskan mengenai cara melaksanakan penginputan data riwayat karir guru diatas, selalu sanggup menolong kiprah guru maupun OPS yang gres akan melaksanakan penginputan data di dapodik.

Sekian dan mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Cara Mengisi Data Riwayat Karir Guru Di Dapodik 2022"

Posting Komentar