Apa Yang Dimaksud Dengan Gelombang Ultrasonik, Infrasonic Dan Audisonik

Serba definisi kali ini akan menengahkan pembahasan ihwal pemahaman dari gelombang ultrasonik, gelombang audiosonik dan gelombang infrasonik.

Dalam kehidupan sehari-hari di saat kita berkomunikasi, kita mengeluarkan kata-kata. Kata-kata yang kita ucapkan tersebut menciptakan gelombang bunyi atau suara, sehingga musuh bicara kita sanggup menyimak dan memahami apa yang diucapkan. Hal ini disebabkan lantaran bunyi tersebut masih bisa didengar oleh indera pendengaran manusia, adakalanya bunyi yang tidak sanggup didengar oleh indera pendengaran insan lantaran frekuensinya tearlalu tinggi atau lantaran frekuensinya terlalu rendah.

Oleh lantaran itu, disini kita akan mengupas definisi dari gelombang ultrasonik, audiosonik dan gelombang infrasonik.


Gelombang Ultrasonik

Gelombang Ultrasonik yakni gelombang yang menciptakan bunyi dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh indera pendengaran manusia. Frekuensi dari gelombang ultrasonik ini berada di atas 20.000 Hertz (20 kiloHertz).

Beberapa binatang yang sanggup mendengar bunyi ultrasonik yakni : kelelawar dan lumba-lumba.

Kelelawar mempergunakan gelombang bunyi ultrasonik selaku alat untuk mengenali posisi masakan dan benda-benda pada di saat terbang. Sehingga kelelawar sanggup melayang tanpa menabrak dan dengan mudah mendapatkan makanan. Kelelawar bisa menciptakan gelombang bnyi ultrasonik dengan frekuensi 100.000 Hz.

Lumba-lumba mempergunakan gelombang bunyi ultrasonik untuk berkomunikasi. Dengan mempergunakan gelombang bunyi ultrasonik,lumba-lumba sanggup saling berkirim pesan meskipun terpisahkan oleh jarak lebih dari 220 km. Dan lumba-lumba pun sanggup berkomunikasi untuk mendapatkan pasangan dan saling mengingatkan akan munculnya bahaya.

Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik

Berikut ini yakni beberap faedah dari gelombang bunyi ultrasonik :
  • Bidang Kesehatan
    Pemanfaatan gelombang bunyi ultrasonik sanggup digunakan untuk menyaksikan organ-organ dalam badan manusia, seumpama dalam mendeteksi tumor, hati, liver, menilik otak dan merusak betu ginjal. Gelombang ultrasonik juga dimanfaatkan untuk USG (ultrasonografi).
  • Bidang Industri
    Di bidang industri sanggup dimanfaatkan untuk :
    • mendeteksi keretakan pada logam
    • meratakan adonan susu biar homogen
    • meratakan adonan besi dan timah
    • mensterilisasi masakan yang diawetkan dalam kaleng
    • membersihkan benda benda yang sungguh halus.
    • dapat juga dimanfaatkan untuk mendeteksi eksistensi mineral maupun minyak bumi yang tersimpan di dalam bumi.
  • Dalam bidang pertahanan
    Dalam bidang pertahanan gelombang ultrasonik dimanfaatkan  :
    • Sebagai radar atau navigasi.
    • Digunakan untuk detektor di dalam air. 
    • Gelombang ultrasonik dipasang pada kapal pemburu untuk mengenali eksistensi kapal selam.
    • Gelombang ultrasonik juga dipasang pada kapal selam untuk mengenali eksistensi kapal yang berada di atas permukaan air. 
    • untuk mengukur kedalaman palung laut
    • mendeteksi ranjau, 
    • menentukan posisi sekelompok ikan.

Gelombang Infrasonik

Gelombang infrasonik yakni gelombang yang mempunyai frekuensi di bawah jangkauan indera pendengaran manusia.  Frekuensi dari gelombang infrasonik ini berada di dibawah 20 Hertz. Makara disini, gelombang infrasonik juga tidak sanggup kita dengar (sama halnya dengan gelombang ultrasonik).

Ada hewan-hewan tertentu yang sanggup menangkap gelombang infrasonik, sehingga di saat terjadi gempa binatang tersebut telah sanggup mendeteksinya dan mencari wilayah yang lebih aman. Beberapa binatang yang sanggup mendengar bunyi infrasonik antara lain jangkerik dan anjing.

Gelombang Audiosonik

Gelombang audiosonik yakni gelombang bisa didengar oleh pendengaran insan dan sebagian besar binatang.Gelombang ini mempunyai frekuensi antara 20 hingga 20.000 Hz.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Gelombang Ultrasonik, Infrasonic Dan Audisonik"

Posting Komentar