Memahami Pemahaman Astronot Dan Kosmonot

kali ini akan membahas tentang ungkapan Astronot dan Kosmonot, apakah kedua kata tersebut memiliki makna yang serupa atau ada perbedaan antara Astronot dan Kosmonot.

Pada pembahasan sebelumnya, kita pernah membahas tentang ungkapan perbedaan antara pesawat ruang angkasa dan pesawat ulang alik. Maka pembahasan kali ini kita akan membahas orang yang terlibat dalam menjalankan perjalanan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat ruang angkasa yang lazim disebut dengan Astronot.

Sebagian dari kita ada juga yang mendengar kata Kosmonot, pasti saja kita mengajukan pertanyaan dimana letak perbedaannya.


Apa itu Astronot ?

Astronot  merupakan kata serapan yang mengacu terhadap kata yang dalam bahasa inggris ditulis dengan "Astronout".  Dalam bahasa indonesia kita mengenal ungkapan lain yakni : antariksawan.

Pengertian Astronout itu sendiri merupakan orang yang berpengalaman untuk menjadi pilot pesawat ruang angkasa, menjalankan perjalanan di pesawat ruang angkasa atau melakukan pekerjaan di ruang angkasa. Istilah ini pertama kali timbul dalam bahasa Inggris pada tahun 1929, mungkin dalam fiksi ilmiah.Istilah Astronot mulai terkenal dikala gres dibikin National Aeronautics and Space Administration (NASA) .

Namun ada sumber yang menyebutkan penggunaan kata Astronout sudah digunakan pada tahun 1880 selaku nama suatu pesawat ruang angkasa dalam suatu dongeng fiksi yang ditulis oleh penulis Inggris yang berjulukan Percy Greg (1836-1889) dengan judul "Across the Zodiac."

Secara etimologi (asal seruan kata) menurut etymonline, kata Astronout berisikan kata "Astro" yang berarti "Bintang" dan "Nautes" yang berarti "Penjelajah".

Istilah Astronot ini lebih terhadap antariksawan yang dilatih oleh NASA.


Apa itu Kosmonot

Kita niscaya pernah mendengar nama Yuri Gagarin yang merupakan orang pertama yang meluncur ke ruang angkasa. Yuri Gagarin ini berasal dari Rusia. Di negara Rusia,  tidak menggunakan ungkapan Astronot, tapi menggunakan ungkapan Kosmonot untuk orang yang menjadi bab dalam penerbangan luar angkasa.

Kosmonot merupakan kata serapan untuk menyatakan kata cosmonaut  (Inggris). Kata cosmonaut kalau ditulis dalam bahasa Rusia merupakan "kosmonavt".

Secara etimologi (asal seruan kata), ungkapan Kosmonot (Kosmonaut) berasal dari kata "Kosmo" yang berarti "Alam Semesta" dan "Nautes" yang memiliki makna "Penjelajah".

Jika di Amerika Serikat tubuh antariksanya kita sebut dengan NASA, di Rusia lebih dipahami dengan nama Roscosmos. Istilah lain untuk menyebut tubuh antariksa Rusia merupakan FKA atau RKA yang merupakan tumpuan untuk menyatakan Russian Federal Space Agency.

Makara isitlah Kosmonot ini lebih mengacu terhadap antariksawan yang dilatih oleh Roscosmos.


Kesimpulan

Secara fungsi ungkapan kata Astronot dan Kosmonot tak punya perbedaan, sama-sama merupakan orang yang dilatih untuk menjalankan perjalanan ke ruang angkasa.

Istilah penyebutan antariksawan tiap-tiap negara juga berbeda-beda, menyerupai :
  • Taikonaout, ungkapan antariksawan di negera China
  • Spationaout, ungkapan antariksawan di negera Perancis
  • Vyomanaut,  istilah antariksawan di negera India
  • Angkasawan, ungkapan antariksawan di negera Malasyia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Pemahaman Astronot Dan Kosmonot"

Posting Komentar