Apa Itu Mitokondria, Kloroplas, Persamaan Dan Perbedaannya

kali ini masih membahas dalam seputaran rumpun ilmu Biologi, yakni wacana Mitokondria dan Kloroplas. Diharapkan sehabis uraian atau klarifikasi nantinya, kita sanggup mengenali apa itu mitokondria, kloroplas beserta persamaan dan perbedaan keduanya.

Seperti yang kita pahami bahwa mitokondria dan kloroplas ialah organela yang mengandung DNA, Ribosom dan semua komponen yang diperlukan untuk sintesis protein. Walaupun demikian, protein yang dikode dan dirakit di dalam kedua organela tersebut cuma ialah sebagaian kecil dan total protein yang terdapat di dalam organela. Sebagian besar protein tersebut dikode dan inti dan disintesis di dalam sitoplasma.

Apa itu Mitokondria ?

Mitokondria (singular, mitokondria) sering disebut "powerhouse" atau pabrik energi sel. Tugas mereka yakni menciptakan pasokan adenosin trifosfat (ATP), molekul pembawa energi utama sel. Proses pengerjaan ATP menggunakan energi kimia dari materi bakar menyerupai gula disebut respirasi seluler, dan banyak langkahnya terjadi di dalam mitokondria.

Berikut ini yakni struktur dari mitokondria
  • Mitokondria memiliki metode membran ganda, membran luar yakni halus, membran dalam melipat ke dalam dan berbelit-belit, membentuk Krista.
  • Membran ganda dari mitokondria membentuk dua kompartemen yang diisi dengan cairan. Ruang di dalam kompartemen terletak antara membran luar dengan Krista, dan matrik mitokondrial pusat terbentuk oleh membran Krista dalam. Susunan ini memfasilitasi funsi mitokondria.
  • Sel sanggup memiliki mitokondria dari sedikit hingga banyak, tergantung energi yang diperlukan oleh sel.
  • Mitokondria mengandung DNAnya sendiri dan ribosomnya sanggup bereplikasi sendiri

Berikut ini yakni beberapa fungsi dari mitokondria :
  • Mitokondria mengandung enzim-enzim yang diperlukan untuk mendapatkan energi yang tersimpan dalam bentuk karbohidrat dan molekul materi bakar lainnya dan menggunakan energi tersebut untuk membentuk ATP, sebuah molekul yang diperlukan sel untuk bekerja.
  • Proses-proses ini ialah bab dari respirasi sel aerob, khususnya dipahami selaku siklus Kreb dan transport elektron.

Apa itu Kloroplas ?

Kloroplas yakni plastida yang mengandung klorofil. Plastida  itu sendiri didapatkan di dalam sel tumbuhan (sel binatang tak punya plastida). Plastida ialah organela yang dikelilingi membran yang menyimpan sesuatu.

Sel binatang tak punya kloroplas. Kloroplas melakukan pekerjaan untuk merubah energi cahaya matahari menjadi gula yang sanggup digunakan oleh sel. Seluruh proses ini disebut fotosintesis dan seluruhnya bergantung pada molekul klorofil di setiap kloroplas.

Makara fungsi dari kloroplas yakni mengerjakan proses yang disebut fotosintesis.

Berikut ini yakni struktur dari kloroplas :
  • Kloroplas cuma terdapat pada sel-sel tumbuhan eukariotik, sel tumbuhan tinggi berisi 50-200 kloroplas. 
  • Kloroplas memiliki membran dalam dan luar dengan ruang yang kosong di antaranya. 
  • Di dalam kloroplas terdapat stroma, cairan padat di dalam kloroplas.
  • Kloroplas biasanya tersusun erat vakuola sentral dengan lebar 2-4 µm dan panjang 5-10 µm.
  • Pada tumbuhan tingkat tinggi biasanya kloroplas berupa cakram (kira-kira 2 x 5 mm, adakala lebih besar), tersusun dalam lapisan tunggal dalam sitoplasma tapi bentuk dan posisinya berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya.
  • Membran internal punya struktur yang menyerupai cakram dan disebut tilakoid. Cakram yang pipih ini bertumpuk untuk membentuk grana. Pigmen fotosintetik tersusun pada grana


Ringkasan / Kesimpulan

Dari banyak sekali uraian wacana kloroplas dan mitokondria, kita sanggup mempersempit kesimpulan akan perbedaannya, yakni :
  • Kloroplas mengandung membran tilakoid dan molekul pigmen, sedangkan membran mitokondria mengandung enzim pernafasan yang tidak didapatkan pada membran kloroplas. 
  • Kloroplas didapatkan pada cuma tumbuhan  sementara mitokondria didapatkan pada tumbuhan dan hewan.
  • Kloroplas menggunakan cahaya untuk menciptakan ATP dan gula, sedangkan mitokondria menggunakan gula untuk menciptakan ATP.
  • Kloroplas cuma didapatkan dalam organisme eukariotik fotosintetik, menyerupai tumbuhan dan ganggang hijau, sedangkan mitokondria didapatkan di setiap organisme eukariotik.
  • DNA pada kloroplas terletak di stroma, sedangkan pada mitokondria terletak di matriks 
  • Kloroplas menolong fotosintesis.


Referensi

1.http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310880/pengabdian/organela-sel-eukariotik.pdf
2.http://www.differencebetween.net/science/difference-between-mitochondria-and-chloroplast/
3.https://www.khanacademy.org/science/biology/structure-of-a-cell/tour-of-organelles/a/chloroplasts-and-mitochondria

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Mitokondria, Kloroplas, Persamaan Dan Perbedaannya"

Posting Komentar