Definisi Garis Demarkasi Dan Teladan Garis Demarkasi

kali ini akan membahas apa yang dimaksud dengan garis demarkasi ?.

Pada zaman dahulu, saat indonesia masih dalam penjajahan sering kita mendengar adanya suatu upaya gencatan senjata yang diusahakan oleh pihak ketiga dengan tujuan tidak bertambah banyaknya korban yang berjatuhan.

Nah, dalam masa gencatan senjata tersebut dibagilah kawasan menjadi area yang sering disebut dengan zona gencatan senjata yang ditandai dengan garis demarkasi. Dari sini kita akan lebih memperdalam makna dari garis demarkasi tersebut.

Daftar Isi

Apa itu garis demarkasi ?

Garis demarkasi merupakan garis pemisah yang diputuskan dalam perundingan gencatan senjata oleh pihak yang sedang bermusuhan atau terlibat peperangan.

Terkadang garis Demarkasi disamakan dengan garis Van Mook. Hal ini sebab pernah ada suatu perbatasan bikinan yang memisahkan kawasan milik Belanda dan Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia yang diciptakan sehabis perjanjian Renville pada Januari 1948. Dinamakan Van Mook sebab dicetuskan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada masa itu yang berjulukan Dr. H. Van Mook

Makara disini kedua belah pihak yang bermusuhan dilarang menjalankan agresi militer di kawasan yang dibatasi garis demarkasi tersebut. Dan pastinya tempat tersebut menjadi zona kondusif yang dilarang dilanggar oleh kedua belah pihak.

Contoh-Contoh Garis Demarkasi

Berikut ini beberapa pola garis demarkasi yang pernah terjadi dibeberapa belahan dunia, menyerupai :
  • Mason-Dixon  line(atau "Garis Mason dan Dixon") yakni garis demarkasi antara empat negara A.S., yang membentuk potongan dari perbatasan Pennsylvania, Maryland, Delaware, dan West Virginia (yang lalu menjadi potongan dari Virginia).
  • Blue line yakni garis batas perbatasan antara Lebanon dan Israel yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 7 Juni 2001 untuk tujuan menyeleksi apakah Israel sudah sungguh-sungguh menawan diri dari Lebanon.
  • Purple line yakni garis gencatan senjata antara Israel dan Suriah sehabis Perang Enam Hari pada tahun 1967.
  • Green line (Lebanon) merujuk pada garis demarkasi di Beirut, Lebanon selama Perang Sipil Lebanon 1975-1990. Garis ini memisahkan faksi-faksi Muslim di Beirut Barat dari Beirut Timur yang lebih banyak didominasi Katolik yang dikelola oleh Front Lebanon.
  • McMahon line adalah garis yang memisahkan Cina dan India, yang digambar di peta yang dilampirkan pada Simla Convention, suatu perjanjian yang dinegosiasikan antara Inggris Raya, China, dan Tibet pada tahun 1914.
  • Foch line adalah garis demarkasi sementara antara Polandia dan Lithuania yang diajukan oleh Entente sehabis Perang Dunia I

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Garis Demarkasi Dan Teladan Garis Demarkasi"

Posting Komentar