Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Meridian ?

kali ini akan menengahkan pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan garis meridian ?.

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengerti mengenai apa itu garis khatulistiwa atau yang biasa disebut juga dengan garis ekuator, maka pembahasan selanjutnya dalam topik kali ini kita akan mengerti mengenai garis meridian.

Pengertian Garis Meridian

Garis meridian merupakan garis khayal pada permukaan bumi, kawasan kedudukan titik-titik dengan bujur yang sama, menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Dengan demikian setiap titik di permukaan bumi memiliki meridiannya sendiri-sendiri. Sebuah titik di sebuah meridian diputuskan posisinya oleh lintang. Setiap meridian senantiasa tegak lurus dengan bundar lintang. Tiap-tiap meridian memiliki panjang yang sama, yakni setengah dari bundar besar bola bumi.

Garis Meridian 0 derajat juga disebut selaku garis Meridian Utama. Garis ini saling tegak lurus dengan garis Khatulistiwa (equator) yang membagi bumi menjadi bab utara dan selatan.

Istilah "meridian" berasal dari bahasa Latin, meridies, yang memiliki arti "tengah hari" (atau "midday" dalam bahasa Inggris); Matahari melintasi titik di atas sebuah meridian yang merupakan titik setengah jalan lintasannya antara dikala terbit dan tenggelam. Akar kata Latin yang serupa digunakan juga untuk menyebut perumpamaan A.M. dan P.M. yakni sebuah pernyataan waktu untuk memisahkan jam-jam dalam satu hari di saat dinyatakan dalam metode 12 jam.

7 Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat

Jika Pontianak salah kota di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa, maka kota mana saja di dunia yang yang di tinggalkan oleh garis 0 derajat Meridian?.

Berikut ini merupakan daftar-daftar kota yang dilalui garis meridian 0 derajat:
  1. Greenwich, London 0°00′
    Kota Greenwich berada di London dan sejak tahun 1884 sudah ditetapkan selaku titik permulaan perkiraan waktu dunia yang dipahami dengan istilah GMT (Greenwich Mean Time).

  2. Lomé, Togo +1°12′
    Kota Lome berada di negara Togo yang sekaligus merupakan ibu kota Negara.Lome terletak di segi maritim atlantik dan menghadap ke Teluk Guyana. Kota ini merupakan salah satu kota di dunia yang di tinggalkan oleh garis meridian 0 derajat.

  3. Ouagadougou, Burkina Faso -1°32′
    Ouagadougou merupakan ibu kota negara Burkina Faso. Nama kota ini sering disingkat menjadi Ouaga

  4. Niamey, Niger +2°6′
    Niamey merupakan ibu kota dari negara Niger yang sekaligus mejadi kota paling besar di Niger. Populasi orangnya sekitar 800,000 jiwa (2000) dengan luas wilayah yang dimiliki adalah670 km². Kota Niamey menjadi sentra administratif, ekonomi, budaya. Adapun jenis-jenis industri yang terdapat di kota tersebut merupakan : watu bata, keramik, semen, dan tenun.

  5. Paris, France +2°21′
    Siapa yang tidak tahu Paris ?. Ya, kota Paris merupakan destinasi rekreasi paling disukai oleh penduduk dunia. Salah satu kawasan yang menjadi minat turis merupakan menara Eiffel yang menjadi kawasan banyak orang untuk melamar kekasihnya, pemandangannya sungguh indah, dan kawasan dimana kau sanggup mendapat masakan yang nikmat.Selain itu kota Paris ini diidentikkan selaku kota yang romantis alasannya banyak bangunan antik yang indah yang menghasilkan para turis menikmati dalam mengunjunginya.

  6. Accra, Ghana 0°12′
    Accra merupakan Ibu Kota dari Negara Ghana. Menurut sejarahnya kota ini diresmikan pada era ke 15 selaku sentra jual beli Bangsa Portugal.

  7. Madrid, Spain at 3°41′
    Bagi anda penggemar dunia sepakbolah, pastinya nama Madrid sudah tidak ajaib lagi. Ya, di kota tersebut terdapat klub sepakbola yang cukup kondang (Real Madrid). Madrid merupakan ibukota dan kota paling besar di Spanyol. Kota ini terletak di Sungai Manzanares di bab tengah negara Spanyol.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Meridian ?"

Posting Komentar