Apa Itu Snmptn, Sbmptn, Cobaan Dapat Bangun Diatas Kaki Sendiri Serta Perbedaannya

Serba definisi kali ini akan membahas perumpamaan yang erat bagi adik-adik siswa yang akan melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Negeri (Perguruan Tinggi Negeri), yakni : SNMPTN, SMBPTN serta UM (Ujian Mandiri).

Zaman dulu untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri (Perguruan Tinggi Negeri) cuma terdapat dua cara yakni jalur permohonan (melalui rapot) dan jalur tes tertulis yang mempunyai nama UMPTN kemudian berganti nama menjadi SPMB. Sebenarnya sebelum UMPTN ada istilah-istilah tes masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang lebih jadul menyerupai : SKALU, SKASU dan SIPENMARU.

Jenis-Jenis Seleksi PTN

Bagi anda-anda yang ingin menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (Perguruan Tinggi Nasional), terdapat tiga opsi yang sanggup anda ikuti:
  • SNMPTN
  • SBMPTN
  • UJIAN MANDIRI
Untuk perlu dikenali bahwa:
  • Alokasi SBMPTN minimal 30% dari total kuota yang ada di perguruan tinggi itu sendiri
  • Alokasi SBMPTN minimal 30% dari total kuota yang ada di perguruan tinggi itu sendiri
  • Sedangkan untuk Ujian Mandiri (UM), optimal kuota yang diberikan merupakan 30% dari total kuota.

Apa itu SNMPTN ?

SNMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN merupakan seleksi menurut pencarian prestasi akademik kandidat Mahasiswa dilaksanakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri di bawah kerjasama panitia pusat.

Pada awalnya, SNMPTN berisikan dua jalur yaitu:
  • SNMPTN permohonan (seperti PMDK) lewat nilai rapot 
  • SNMPTN tulis lewat cobaan tulis.

Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan).


SNMPTN dibarengi seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), diselenggarakan dalam sebuah metode yang terpadu dan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut ongkos seleksi. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang bisa secara ekonomi dan dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri mempunyai potensi mendapat pertolongan ongkos pendidikan selama masa studi lewat Program Beasiswa Bidikmisi.

Apa itu SBMPTN ?

SBMPTN merupakan kepanjangan dari  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sistem seleksi dengan nama SBMPTN mulai berlaku pada tahun 2013, dimana sebelumnya berjulukan SNMPTN tulis dengan lewat cobaan tulis.

Seleksi SBMPTN dilaksanakan dengan cara cobaan tertulis dimana tesnya sanggup berupa :
  • ujian yang berbasis komputer (Computer Based Test/CBT) 
  • atau cobaan berbasis kertas (Paper Based Test/PBT)
Pada mulanya jumlah Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung ke dalam SBMPTN  adalah sebanyak 62 PTN, sampai dikala ini (tahun 2017) sudah berjumlah  menjadi 85 PTN. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya perguruan tinggi gres maupun perguruan tinggi Islam yang sebelumnya berada di Kementerian Agama kemudian pengelolaannya dilimpahkan terhadap Kementerian Ristek dan Dikti.

Dalam mengikuti seleksi model SBMPTN, amati jurusan yang anda pilih menurut jenis tes berikut :
  • SAINTEK (bagi yang menegaskan jurusan IPA)
  • SOSHUM (bagi yang menegaskan jurusna IPS)
  • IPC (bagi yang menegaskan jurusan IPA dan IPS)

Dengan demikian pembagian kalangan tes menurut jurusan apa yang kita pilih nantinya di saat mengikuti SBMPTN. Dimana tiap kelompoknya terdapat Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) berupa :
  • Tes Potensi Akademik, 
  • Bahasa Indonesia dan 
  • Bahasa Inggris. 

Jika anda menegaskan SAINTEK maka Tes Kemampuan Dasar-nya berhubungan dengan  SAINTEK, begitu pula kalau kita menegaskan SOSHUM maka akan mendapat Tes Kemampuan Dasar SOSHUM.

Lalu bagaimana kalau kita menegaskan IPC ?. Pastinya kita akan menghadapi Tes Kemampuan Dasar SAINTEK dan SOSHUM. Dan sudah barang pasti dituntut esktra waktu dalam pengerjaannya.

Apa itu Ujian Mandiri ?

Ujian Mandiri merupakan seleksi penerimaan mahasiswa gres yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi bersangkutan tanpa dibawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Yang artinya setiap Perguruan Tinggi Negeri mempunyai kawasan otonom bagaimana cara menyelenggarakan Ujian  Mandiri tersebut.

Penamaan Ujian Mandiri tiap-tiap perguruan tinggi berbedan, berikut ini beberapa nama jalur mandiri:
  • Universitas Indonesia, jalur mandirinya dipahami dengan nama Simak UI
  • Institut Pertanian Bogor, jalur mandirinya dipahami dengan nama Admisi IPB
  • Universitas Gadjah Mada, jalur mandirinya dipahami dengan nama UM UGM

Kesimpulan

Seperti yang sudah diuraikan diatas, maka kita sanggup menyimpulkan lebih sederhanya ketiga jenis seleksi penemerimaan mahasiswa gres di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (Perguruan Tinggi Nasional) menyerupai yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini :



Referensi

1. https://kumparan.com/aditya-panji/jika-gagal-snmptn-masih-ada-sbmptn-dan-jalur-mandiri-ptn
2. http://snmptn.ac.id/pengantar.html
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Seleksi_Bersama_Masuk_Perguruan_Tinggi_Negeri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Snmptn, Sbmptn, Cobaan Dapat Bangun Diatas Kaki Sendiri Serta Perbedaannya"

Posting Komentar