Apa Itu Negara Skandinavia, Nordik Dan Perbedaannya

Pernahkan anda mendengar perumpamaan negara Skandinavia ?.

Ya, negara-negara skandinavia tersebut berada di benua Eropa belahan utara.

Nah serba definisi kali ini akan membahas wacana apa itu negara Skandinavia atau mengapa negara tersebut diistilahkan dengan negara Skandinavia. Kita juga akan menelusuri apakah  negara Skandinavia tersebut sama dengan negara Nordik.

Apakah Swedia merupakan negara Nordik atau Skandinavia?

Sebagian besar di dunia memperlakukan kata-kata "Nordik" dan "Skandinavia" secara setara atau dianggap perumpamaan yang sama, tetapi itu tidak benar. Tapi adakah definisi lazim untuk membedakan kedua perumpamaan tersebut ?

Apa itu Skandinavia ?

Ada dua cara untuk mendekati rancangan Skandinavia:
  • secara geografis dan 
  • bahasa. 

Secara geografis, ada yang namanya Semenanjung Skandinavia yang termasuk :
  • Norwegia, 
  • Swedia dan 
  • Lapland (sebelah utara Finlandia). 
Dengan cara ini, Skandinavia cuma Swedia dan Norwegia.

Jika ditinjau dari segi bahasa linguistik, bahasa Swedia, Denmark dan Norwegia memiliki kata yang umum, "Skandinavien", dengan makna umum: tanah Orang-orang Utara, yang bagi mereka Swedia, Denmark dan Norwegia. Inilah definisi Skandinavia yang paling disepakati.

Namun, pendefinisian negara Skandinavia menurut pendekatan bahasa linguistik memiliki kerepotan tersendiri, dimana nantinya negara-negara yang tergolong ke dalam Skandinavia menjadi bertambah.

Contoh :
Bahasa Islandia juga berasal dari bahasa linguistik yang serupa dengan bahasa Skandinavia. Oleh sebab itu, beberapa orang memasukkan Islandia dalam isitlah Skandinavia tersebut. Selanjutnya, Swedia diucapkan di beberapa belahan Finlandia, sebab bahasa Finlandia digunakan di beberapa belahan di Swedia. Definisi ekstrem, meski tidak benar, Skandinavia tergolong Finlandia.

Juga, secara budaya dan historis Swedia, Denmark dan Norwegia memiliki Game of Thrones mereka sendiri, di mana Islandia merupakan belahan dari Norwegia dan Denmark di beberapa titik, dan Finlandia merupakan belahan dari Swedia.

Lalu Apa itu Negara Nordik ?

Karena masih terdapatnya beberapa ketidaksejuan dalam mengistilahkan negara-negara Skandinavia, maka Prancis tiba untuk menyelamatkannya dengan perumpamaan lain: "Pays Nordiques", negara-negara Nordik, yang juga menjadi standar. Ini mengenkripsikan Skandinavia, Islandia dan Finlandia.

Jadi, saat mengatakan wacana Nordik , maka yang dimaksud merupakan kita mengatakan wacana Finlandia, Islandia, Norwegia, Denmark, Swedia, dan Kepulauan Faroe.

Kesimpulan

Istilah negara Skandinavia dengan negara Nordik tidaklah sama, meskipun sering kita peroleh keduanya saling dipertukarkan.

Ketika mengatakan wacana Skandinavia, maka negara yang lebih sempurna dalam isitlah ini merupakan : Norwegia dan Swedia.

Bila mengatakan wacana negara Nordik, maka negara yang dimaksud merupakan : Norwegia, Swedia, Denmark, Finlandia, Islandia dan Kepulauan Faroe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Negara Skandinavia, Nordik Dan Perbedaannya"

Posting Komentar