Apa Itu Negara,Kawasan Atau Semenanjung Indochina

Serba definisi kali ini akan membahas wacana suatu perumpamaan Indochina. Jika anda salah satu pecinta film layar lebar, mungkin anda pernah menonton film dengan judul "Savage Dog". Film tersebut sering menyebut perumpamaan negara Indochina.

Lalu kira-kira apa yang disebut dengan Indochina tersebut ?. Apakah suatu negara gres atau perbaduan dua negara ?.

Arti dari Indochina

(Photo Credit:http://clevoyages.com/english/indochine.html)
Indochina merujuk terhadap suatu kawasan di Asia Tenggara yang memiliki imbas budaya peradaban India dan peradaban China. Kawasan ini memiliki batas dengan negara India di sebelah timur dan di belah selatan dengan negeri China.

Negara-negara apa saja yang tergolong Indochina

Seperti yang disebutkan diatas, serempak Indochina lebih merujuk terhadap suatu kawasan ataupun semenanjung. Kaprikornus kawasan atau semenanjung Indochina ini berisikan beberapa negara, yakni :
  • Vietnam
  • Kamboja
  • Laos
Vietnam lebih dipengaruhi imbas China sementara Kemboja, Laos lebih seakan-akan terhadap imbas India.

Asal-muasal penamaan Indochina

Istilah Indochina berasal dari kolonisasi Prancis pada pertengahan periode ke-19 sampai pertengahan periode ke-20. Sebuah "federasi protektorat kolonial" - dengan kata lain suatu kerajaan, yang kedua cuma seukuran Kerajaan Inggris - dibikin pada tahun 1887, berisikan wilayah-wilayah yang disita oleh Prancis: Kamboja, Laos, dan Vietnam terbaru sekarang.

Federasi ini dimengerti selaku Indocina Prancis - atau "Indochine", dalam bahasa Prancis merupkan variasi antara India dan China, mengakui kedekatan kedua negara tersebut dan imbas budaya yang signifikan terhadap negara-negara yang bersangkutan. Indochina Prancis memiliki ibukota di Hanoi.

Batas geografis Indocina sungguh terkait dengan fitur di lapangan, khususnya Sungai Mekong, yang melintasi ketiga negara. Pada dikala pemerintahan Prancis, Vietnam dibagi menjadi tiga wilayah, semua protektorat Prancis masing-masing: Tonkin di utara; Cochinchina di selatan, dan Annam di tengahnya.

Federasi Indocina Prancis tidak bertahan lama: pada tahun-tahun selama dan sehabis Perang Dunia Kedua, kawasan tersebut mengalami pergolakan politik dan perang yang luar biasa, dan sejarah menjadi terlalu rumit dan dilibatkan untuk menyediakan klarifikasi rinci di sini. Cukuplah untuk menyampaikan bahwa, sehabis beberapa tahun pertentangan yang dimengerti selaku Perang Indocina Pertama (yang dipimpin oleh Ho Chi Minh, yang namanya diadopsi untuk mengubah nama Saigon), Vietnam balasannya melepaskan peraturan Prancis untuk selamanya pada tahun 1954, di saat Kesepakatan Jenewa berjalan Mencoba untuk membangun perdamaian di wilayah ini. Perancis secara resmi mengundurkan diri, dan ketiga negara Indocina menjadi independen. Vietnam terbagi menjadi Utara Komunis dan anti-Komunis: perpecahan menjadi latar belakang, tentu saja, bagi Perang Vietnam, yang dimulai tidak usang kemudian.

Kesimpulan

Sekarang kita sudah mengenali negara-negara mana yang tergolong kawasan atau semenanjung Indochina, yakni : Vietnam, Kamboja dan Laos.

Jika menyaksikan film yang berafiliasi dengan Indochina, negara yang sering diangkat merupakan Vietnam. Bahkan banyak yang mengidentikkan juga bahwa Indochina merupakan nama lain negara Vietnam masa kependudukan Perancis.

Hal ini tidak lain alasannya merupakan ibukota Indochina berada di Hanoi yang merupakan ibukota Vietnam sekarang, Kaprikornus tentunya lebih sering dianggkat negara Vietnam yang menggambarkan kawasan Indochina.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Negara,Kawasan Atau Semenanjung Indochina"

Posting Komentar